Nama Lengkap : William Henry Gates
Alias : Bill Gates
Profesi : Pengusaha
Tempat Lahir : Seattle, Washington
Tanggal Lahir : Jumat, 28 Oktober 1955
Zodiac : Scorpion
Warga Negara : Amerika Serikat
Ayah : William H. Gates, Sr.
Ibu : Mary Maxwell Gates
Istri : Melinda Gates


Apakah kalian pernah mengetahui William Henry Bill Gates? Pria yang biasanya dikenal dengan nama Bill Gates ini adalah seorang pengembang Microsoft sejak tahun 1975 hingga sekarang. Siapa yang menyangka kalo Bill Gates yang sukses dan termasuk salah satu orang terkaya versi majalah Forbes ini tidak pernah menyelesaikan kuliahnya di Universitas Harvard. Perlahan namun pasti, akhirnya Microsoft menjadi perusahaan software yang sukses dan terkenal di seluruh dunia.



BIOGRAFI DAN SEJARAH BILL GATES 
Bill Gates adalah seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika ia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.


Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer bersama Paul Allen. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft.



KEHIDUPAN PRIBADI BILL GATES

  
Hasil gambar untuk keluarga bill gates

Dalam kehidupan peribadinya, Bill Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katherine Gates 1996, Rory John Gates 1999 dan Phoebe Adele gates (2002). Bersama dengan istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan pederita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga. 
Di tahun 1999 koran Washington Post memberitakan bahwa "Bill Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan $5 milyar kepada organisasi mereka. Hal itu tentu tidak mengherankan karena menurut survei Majalah Forbes, Bill Gates selalu menjadi orang terkaya di dunia berturut-turut selama tahun 1996 – 2004 dengan jumlah $ 90 Milyar.

Bill Gates bukan orangtua yang terlalu kaku. Walau sudah menanamkan kerja keras sejak dini, Bill Gates tidak segan menghamburkan uang demi kegitaan yang postif. Seperti yang dilakukannya kepada Jennifer. Anak sulungnya tersebut gemar berkuda dan menjadikannya salah satu hobi yang dia seriusi.
Pernah, saat Jennifer berusia 15 tahun, dia mengikuti sebuah festival berkuda. Demi rasa cinta sang ayah kepada anaknya, Jennifer dan keluarganya disewakan sebuah mansion yang dekat dengan festival tersebut. Kompetisi ini sendiri sangat berharga bagi Jennifer. Di mansion tersebut, dia berlatih sangat keras bersama kuda-kudanya. Dia rela melakukan itu untuk memenangkan festival yang memperebutkan hadiah antara USD 1.500 hingga USD 2.000 tersebut.

Bill Gates terhadap anak-anaknya memang tahu cara bersenang-senang dengan uangnya yang bejibun. Apapun akan berusaha dipenuhi oleh Bill Gates untuk membahagiakan anaknya. Kecuali satu hal. Bill Gates melarang segala sesuatu yang berbau Apple. Baik itu iPhone, iPod apalagi MacBook. Ini memang soal kompetisi bisnis di antara Microsoft dengan pesaingnya itu. Dari ketiga anak Bill Gates, mungkin hanya Jennifer yang sedikit membangkang karena pernah terekam media sedang menggunakan iPhone saat mengunjungi Sydney, Australia. Namun bagaimana pun, keluarga Bill Gates tetap hangat walaupun dirinya mempunyai kesibukan yang segunung. Malahan Bill Gates pernah menemani Jennifer menonton konser U2 dalam sebuah tour. Menurutnya, kebersamaan adalah harta yang tak ternilai bagi Bill Gates dan keluarganya.



PERJALANAN KARIR BILL GATES


Logo Microsoft dari tahun ke tahun
Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses dan Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan. Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia.

Namun, Bill Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik dalam karirnya. Tidak hanya satu kali, bahkan Bill Gates melakukan beberapa kali kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya. Di tahun 1990 Bill Gates mendapat tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan Bill Gates telah melakukan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil.


Bill Gates tersandung oleh hukum undang-undang bisnis Amerika Serikat pada tahun 1999. Pada tahun 2000, Bill gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif dan ia memilih kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaanya sendiri, Microsoft Corp.

Dan pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill dan Melinda Gates Foundation.

Dengan perjuangan dan tekad yang keras kini Bill Gates telah menggapai cita-citanya. Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat, namun usaha keras dan sikap pantang menyerah Bill Gates telah membuahkan hasil yang dapat ia nikmati saat ini. Berturut turut dari tahun ke tahun hingga saat ini Bill Gates selalu diposisi pertama sebagai orang terkaya di dunia.



FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL BILL GATES SUKSES

1. Membaca
Salah satu buku karangan Bill Gates adalah “Road to Success” . Bill Gates percaya, senang membaca merupakan salah faktor dari kesuksesan. Dan hal ini terbukti pada Bill Gates yang sejak remaja gemar membaca buku dan mencari informasi dari buku yang dibacanya.

2. Jangan menunda
Bill Gates tidak pernah menunda apa yang akan dilakukannya. Bill Gates berusaha untuk cepat menjalankan ide dan rencana yang telah dibuat. Karena semakin cepat sebuah ide dijalankan, maka akan menjadi lebih cepat mengetahui hasilnya.

3. Mendengarkan
Bill Gates tidak pernah menganggap spele kritik dan komentar dari pelanggannya. Hal yang membuatnya senang adalah komplain dari pelanggan. Komentar-komentar tersebut dianggap sebagai bahan evaluasi kinerja tim dan produknya.

4. Pelajari teknologi
Semakin lama teknologi semakin berkembang di dunia. Inilah yang membuat Bill Gates percaya bahwa teknologi akan selalu membantu kehidupan manusia. Bill Gates juga menyarankan agar generasi muda tidak malas untuk mempelajari teknologi. Karena tiap menit selalu ada yang baru dari teknologi.

5. Mulai sedini mungkin
Bill Gates baru berusia 13 tahun ketika ia mulai bekerja dengan komputer. Ketika kamu memulai sesuatu karakter diri juga akan terbentuk dari situ. Jika kamu sudah punya mimpi dan mulai kamu perjuangkan ketika masih muda, kamu akan lebih kebal terhadap semua perkataan orang yang mungkin meremehkan kamu. Saat kamu sudah dewasa dan orang mulai lebih memperhatikan pada apa yang sedang kamu perjuangkan, kamu cukup mudah untuk mengabaikan mereka.

6. Bangun Kemitraan
Bill Gates sangat menyukai menjalin kemitraan dengan orang lain. Dia senang dengan hal ini, karena hal itu membuka peluang baru baginya dan memiliki potensi untuk belajar dari pengusaha sukses lain yang bisa mengajarinya banyak hal. Tidak hanya itu, tetapi bahwa ia membangun sebuah hubungan dengan orang yang memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan karirnya.
  
7.Berkomitmen dan Minat yang Besar
Sedikit saran yang baik, berkomitmen dan punya minat yang besar harus ada di setiap jiwa entrepreneur. Kamu harus berkomitmen pada apa yang kamu cintai dan minat yang bagus untuk apa yang kamu lakukan. Orang yang sukses di dunia ini membuat semuanya terlihat jauh lebih mudah karena mereka sungguh-sungguh cinta pada apa yang mereka lakukan. Jika kamu menemukan sesuatu yang membuat tertekan dan sulit, saya ragu kamu sudah bekerja di jalan yang tepat untukmu.



GAYA MANAGEMENT BILL GATES

Hasil gambar untuk perusahaan bill gates



Sejak pendirian Microsoft tahun 1975 hingga 2006, Gates memegang tanggung jawab besar terhadap strategi produk perusahaan. Ia memperluas jajaran produk perusahaan dan ketika Microsoft berhasil mendominasi pasar ia mempertahankannya sekuat tenaga. Ia mendapat reputasi sebagai orang yang menjauhkan diri dari sekitarnya; pada awal 1981 seorang eksekutif industri mengeluh kepada masyarakat bahwa "Bill Gates terkenal karena tidak bisa dihubungi melalui telepon dan tidak membalas panggilan telepon."

Sebagai seorang eksekutif, Bill Gates secara rutin bertemu dengan manajer senior dan manajer program Microsoft. Ia sering memotong presentasi dengan komentar seperti, "Itu hal terbodoh yang pernah aku dengar!" . Ketika bawahannya terlihat menunda-nunda pekerjaannya, Bill Gates dikenal mengutarakan kata-kata, "Biar aku saja yang mengerjakannya akhir minggu nanti." 

Sebagian besar peran Gates di Microsoft hanya menangani manajemen dan tugas eksekutif. Meski begitu, ia adalah pengembang perangkat lunak aktif pada tahun-tahun awalnya. Pada 15 Juni 2006, Bill Gates mengumumkan bahwa ia akan menghentikan pekerjaan hariannya selama dua tahun berikutnya untuk memfokuskan diri pada aktivitas filantropi. Ia menyerahkan tugasnya kepada dua orang yang menggantikannya, yaitu Ray Ozzie untuk manajemen harian dan Craig Mundie untuk strategi produk jangka panjang.



ANALISIS

Menurut saya, kesuksesan Bill Gates memenuhi semua teori Enterpreneur pada umumnya. Baik dari faktor-faktor kesuksesannya, Gaya Kehidupannya, Gaya Managementnya, dan lain sebagainya.
Dan, cara atau faktor-faktor Bill Gates memperoleh kesuksesannya perlu di contoh untuk masyarakat yang ingin menjadi seorang Enterpreneur sukses .



Komentar